Uang kertas 100 ribu, asli atau palsu…?

asli atau palsu...?

asli atau palsu...?

UANG kertas dengan nominal 100 ribu rupiah memiliki tema Proklamasi Kemerdekaan  Teks ProklamasiRI. Coba liat teks proklamasi yang ada di sana. Apa yang tertulis disana? ”Djakarta, Hari 17 boelan 8 tahoen 05”. Wah kok bukan tahun 45? Indonesia merdeka kan pada tahun 1945? Apa ada kesalahan cetak? Atau mungkin aja itu uang palsu?

Sebelum merdeka, bangsa kita dijajah oleh bangsa Jepang. Jepang punya sistem penanggalan sendiri yang disebut dengan kalender Jimmu, sesuai nama kaisar yang naik tahta pada tahun 660 SM (SM adalah sebelum masehi), disebut juga kalender kaisar, atau tahun sumira. Bedanya kalender ”jepang” dengan kalender masehi (gregorian) adalah 660 tahun. Artinya tahun 1945 masehi sama dengan 1945 + 660 = tahun 2605 menurut kalender jepang. Kalender jepang sendiri sudah berlaku mulai tahun 1873 pada zaman Meiji. Setelah Pedang Dunia II berangsur-angsur sistem penanggalan jepang ini tidak digunakan lagi.

Jadi tahun 05 dalam teks proklamasi adalah singkatan dari tahun jepang 2605, karena pada masa itu negara kita juga ”ikut” menggunakan sistem penanggalan jepang.

Well, daripada bingung pake uang receh/logam (100an rupiah) aja gimana…???

((tanya kenapa…tanya kenapa…??))

About these ads
Published in: on Selasa, 9 September 2008 at 5:46 am  Comments (4)  
Tags: , , , , , , , , , , ,

The URI to TrackBack this entry is: http://ngerumpi.wordpress.com/2008/09/09/uang-kertas-100-ribu-asli-atau-palsu/trackback/

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini.

4 KomentarTinggalkan komentar

  1. Kalau anda pernah ikut pelajaran sejarah waktu SMP ,ada tuh penjelasannya//

  2. jawaban ini yang aku cari sejak lama. Terima kasih

    • Sama2 mas…Senang bisa membantu…

  3. mungkin bacaannya ada yg salah baca lagi atau diubah karena tulisannya ada yg salah

    Thank “s


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: