Renegade = Obama…???

WASHINGTON – Menjelang kepindahan presiden terpilih Barack Obama ke Gedung Putih, agen rahasia

Barack Obama

Barack Obama

Amerika Serikat (AS) sibuk memformulasikan sistem pengaman paling ampuh. Selain itu, mereka mulai menghafal dan membiasakan diri dengan empat nama rahasia baru. Yakni, Renegade, Renaissance, Radiance, dan Rosebud.

Obama memilih Renegade sebagai nama rahasianya. Dari beberapa nama yang disebutkan oleh pasukan pelindungnya, pemimpin 47 tahun itu memilih nama rahasia berawalan huruf R. Sesuai dengan tradisi Gedung Putih, seluruh keluarga presiden harus menggunakan nama rahasia dengan huruf awal sama. Kode-kode tersebut dirumuskan oleh Badan Komunikasi Gedung Putih.

“Nama rahasia first lady AS berikutnya adalah Renaissance. Sementara itu, dua putrinya, Sasha dan Malia, masing-masing menggunakan nama rahasia Rosebud dan Radiance,” terang juru bicara tim pelindung Obama. Nama-nama tersebut sengaja dipilih karena mudah dihafal dan diucapkan serta gampang ditangkap telinga saat disebutkan via radio pemancar.

Sebenarnya, ide menggunakan nama rahasia sudah tidak relevan lagi sekarang. “Kode itu sudah tidak signifikan lagi dan tidak berkaitan dengan pengamanan tingkat tinggi sekarang,” papar juru bicara agen rahasia Eric Zahren. Dia melanjutkan, pemberian nama rahasia tersebut kini lebih beralasan pada tradisi. Selain itu, tim pelindung presiden lebih nyaman membicarakan subjek mereka di tempat umum lewat nama rahasia.

Published in: on Sabtu, 15 November 2008 at 4:09 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://ngerumpi.wordpress.com/2008/11/15/renegade-obama/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: