Mobil khusus untuk Kepala Negara

Salah satu pabrik Mercedes-Benz baru – baru ini merayakan ulang tahun ke – 80 dengan merilis produk spesial, S 600 Pullman. Teknologi dan kenyamanan supertinggi didesain ke mobil itu. Bodinya panjang (6,356 m) dan sangat elegan. Itu bukan mobil panjang pertama cetakan Mercedes – Benz. Sebelumnya sudah ada Nurburg 460 (W08), produk pertama Mercedes – Benz dengan tingkat keamanan tinggi yang dirilis pada 1928. Lalu 770 (W07) Grand Mercedes pada awal 1930, mobil yang dirancang untuk perlindungan khusus bagi Kaisar Jepang Hirohito. Di kuartal terakhir 2008 ini, Mercedes – Benz meluncurkan S 600 Pullman yang sudah mendapatkan sertifikat keamanan B6/B7. Artinya, S 600 Pullman tahan menjaga berbagai macam serangan. Mulai serangan pistol hingga granat tangan.

Mercedes Benz S-600, didesain untuk kepala negara

Mercedes Benz S-600, didesain untuk kepala negara

Fitur keamanan lainnya adalah run-flat tyres atau ban yang masih bisa menggelinding meski gembos. Selain itu, tangki bahan bakar didesain dengan sekat khusus yang tidak mudah terbakar ketika diserang. Kalaupun akhirnya mobil terbakar, ada sistem pemadam kebakaran otomatis pada mobil ini.

Bagi pengemudi, S 600 Pullman memberikan kenyamanan berkendara. Pada dua headlamp, tersedia pemancar inframerah. Fungsi inframerah tersebut ialah memperluas pandangan ketika kondisi sekitar sudah sangat gelap. Cat yang digunakan pada bodi S 600 Pullman juga bukan cat sembarangan. Untuk ketahanan yang luar biasa, mobil diberi cat yang sekaligus melindungi rangka mobil dari bahaya korosi. Suspensi dibuat dengan perhitungan khusus para ahli Mercedes – Benz. Sebab, dengan jarak sumbu roda yang panjang, suspensi harus punya kekuatan yang tidak biasa.

Mewah di luar tentu berlanjut dengan mewah di dalam. Interior S 600 Pullman dibuat sangat lega. Roof bagian belakang dibuat agak lebih tinggi sehingga menimbulkan kesan ruangan yang sangat luas. Untuk keperluan rapat di dalam mobil, berbagai macam perangkat multimedia diletakkan.
Untuk menggerakkan mobil bertubuh bongsor ini, dapur pacu diberi mesin bertenaga besar. Dalam press release, Mercedes-Benz menjelaskan bahwa mesin V12 dengan kapasitas 5.513 cc biturbo yang mampu menghasilkan tenaga 380 kW (517 PS) dan torsi 830 Nm bakal dipasangkan pada S 600 Pullman. Satu hal yang masih disayangkan. Masih belum jelas berapa harga yang dipatok Mercedes – Benz untuk mobil yang satu ini.

Published in: on Jumat, 12 Desember 2008 at 6:42 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://ngerumpi.wordpress.com/2008/12/12/mobil-khusus-untuk-kepala-negara/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: