Ponsel dapat merusak otak…

BRUSSELSBagi yang suka berlama – lama dalam menggunakan telepon Handphone21seluler, sebaiknya waspada. Pasalnya, sebuah penelitian mengungkap radiasi yang dihasilkan telepon seluler dapat menyebabkan kerusakan memori, sehingga dapat mempercepat penyakit pikun.

Penelitian yang dilakukan Lund University, Swedia, terhadap seekor tikus yang diuji coba dengan diberi radiasi telepon suleler dua jam dalam sepekan selama setahun. Hasilnya, tikus diberi radiasi mengalami ingatan yang jelek, ketimbang tikus yang tidak diberi radiasi. Saat tikus yang diberi radiasi dilepaskan pada sebuah kotak dengan menaruh empat objek berbeda. Tikus tersebut tidak menunjukan ketertarikannya kepada objek itu. Hal berbeda justru dilakukan oleh tikus yang tidak diberi radiasi. “Radiasi microwave dari ponsel. Menyebabkan aliran darah ke otak si tikus melambat. Karena, ada sel syarafnya yang rusak,” jelas salah satu peneliti Professor Leif Salford, demikian yang dilaporkan Sciencedaily.

“Meski baru sebatas pada tikus. Kami sarankan bagi pengguna, untuk tidak menggunakan ponsel terlalu dekat dengan telinga. Atau bisa menggunakan hands-free,” saran Professor Leif Salford.

MenelponUntuk mencegahnya, kini telah hadir chip yang dapat mengurangi bahaya radiasi pada telepon seluler. Perusahaan pembuat produk kesehatan asal Belgia Omega Pharma telah mengembangkan chip yang diberi nama Chip E-Waves. Chip tersebut diklaim mampu mengurangi penyakit sakit kepala dan berkurangnya konsentarsi yang disebabkan oleh radiasi telepon seluler.

“Produk kami juga mampu menstabilkan efek panas dalam tubuh, akibat sinyal elektromagnetik,” jelas Chief Executive Omega Marc Coucke , seperti yang dilansir ABC News. Ditambahkan Marc Coucke, para ahli di perusahaannya memang sengaja mengembangkan chip ini sebab banyak fakta yang membuktikan adanya keterkaitan antara penggunaan ponsel dan munculnya kanker serta penyakit lainnya.

Jika tertarik, anda harus merogoh kocek USD50,1 atau sekira Rp550 ribu. Akan tetapi, baru mulai ditawarkan ke luar Belgia pada awal 2009. Selain itu, Omega juga akan meluncurkan tiga alat serupa untuk mobil, komputer, dan rumah.

“Saat ini baru tersedia 30 ribu unit chip. Jika sambutannya bagus, kami bisa menambah lagi,” lanjut Coucke.

Anda berminat…???

Published in: on Jumat, 12 Desember 2008 at 8:38 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://ngerumpi.wordpress.com/2008/12/12/ponsel-dapat-merusak-otak/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: