Ini dia si “Manusia Es”…!!!

Pria Belanda bernama Wim Hof ini dijuluki “The Ice Man” sebab sejak 20

Wim Hof di New York

Wim Hof di New York

tahun terakhir dia akrab dengan suhu ekstrim, yakni menjelajahi gunung es dan Kutub Utara dengan suhu hingga minus 30 derajat celcius menggunakan pakaian minim. “Awalnya saya pernah melihat orang berjalan di atas balok es di sebuah taman dan saya berfikir, apa yang terjadi jika saya yang ada di atas es tersebut,” ungkap pria 48 tahun tersebut seperti dikutip Telegraph.uk.

“Kemudian saya terpancing untuk melakukannya. Selama 30 detik saya merasakan pengalaman luar biasa dan sejak itu saya mengulanginya setiap hari,” ungkapnya.

Orang mulai mengenalnya sebagai “The Ice Man” pada tahun 2000 ketika ia

Wim Hof berenang di es

Wim Hof berenang di es

hanya menggunakan pakaian renang mencelupkan diri di Kutub Utara. Alhasil ia meraih Guinness World Record sebagai orang yang berenang paling lama di bawah permukaan es. Di Kutub Utara saja suhunya sudah mencapai minus 3 derajat Celcius. Saat berada di dalam air, suhunya turun drastis hingga minus 30 derajat di bawah nol. Sebelumnya dia pernah berenang di Lingkar Kutub. “Tantangan pertama saya adalah berenang sejauh 60 meter di bawah lapisan es setebal 1 meter,” katanya.

Wim Hof berlari

Wim Hof menjelajahi lingkaran Artik

Pada tahun 2002, Hof pernah menjelajahi wilayah utara Lingkaran Artik sejauh 160 km dengan berlari. Hingga di akhir 2002 dia berhasil menyelesaikan perjalanan ekstrimnya melintasi lima gunung paling dingin di Eropa. “Pertama saya menjajal Gunung Everest hingga ketinggian 5.000 m di atas permukaan laut. Lalu dua gunung di Finlandia, dan terakhir di Belanda. “Saya sampaikan ketika itu suhu lantai gunung mencapai minus 33 derajat selsius dan suhu udara mencapai 15 hingga 20 derajat selsius,” paparnya.
Pada April 2007, Hof kembali ke Gunung Everest dan mencatatkan rekor

Wim Hof menaklukkan Mount Everest

Wim Hof di Mount Everest

sebagai orang pertama di dunia yang mampu mencapai ketinggian 7.400 meter di atas permukaan laut dengan hanya mengenakan celana pendek. “Saya berada di sana selama beberapa minggu untuk aklimatisasi (penyesuaian tubuh dengan suhu di sekeliling),” katanya.

Wim Hof diatas es

Wim Hof diatas es

Pada 20 Desember mendatang, Hof akan berangkat ke Cologne Jerman untuk memecahkan rekor atas namanya yang diciptakan di New York Amerika Serikat awal tahun ini. Dia akan duduk di atas es dalam sebuah kotak kontainer Plexiglas yang bersuhu minus 20 derajat Celcius. Waktu 1 jam 45 menit, cukup untuknya untuk memecahkan Guinness World Record yang baru.

Published in: on Selasa, 16 Desember 2008 at 5:25 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: ,

The URI to TrackBack this entry is: https://ngerumpi.wordpress.com/2008/12/16/ini-dia-si-manusia-es/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

