Transplantasi wajah di Amerika….

Rumah sakit di Amerika Serikat kembali mencatatkan sejarah medis. Untuk pertama kalinya, mereka berhasil melakukan operasi transplantasi wajah pada perempuan, dengan pencangkokan tulang, gigi, otot, dan saraf. Operasi terhadap wanita yang tidak disebutkan identitasnya itu memang telah mengalami luka parah pada wajahnya, terutama pada bagian mata, hidung dan rahang atas. Bahkan luka itu membuat dirinya tidak bisa bernafas.

“Operasi transplantasi wajah telah sukses untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Akan tetapi, kami tidak bisa memberitahu nama, ataupun pendonornya,” ujar Dr Maria Siemionow, Direktur operasi plastik di Cleveland Clinic, di Ohio, seperti yang dilansir Reuters.

Operasi yang dilakukan dua pekan lalu ini melibatkan delapan orang dokter yang terdiri dari ahli spesialis tulang, otot, pembuluh darah dan saraf dengan memakan waktu sekira 22 jam. Sebelumnya pada tahun 2005  negara Perancis pernah melakukan hal yang sama terhadap seorang wanita, akan tetapi operasi tersebut mengalami dua kali kegagalan.

“Kami melakukan perbaikan kulit, pada muka otot di sudut wajah dan

Transplantasi wajah

Transplantasi wajah

pertengahan, di bibir bagian atas, hidung, dan rahang atas termasuk gigi,” kata Francis Papay, dokter ahli lainnya. “Ini menjadi sejarah bagi dunia medis. Yang paling penting, kami berharap bahwa pasien kami akan mulai tersenyum kembali,” pungkasnya.

Published in: on Rabu, 24 Desember 2008 at 7:36 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://ngerumpi.wordpress.com/2008/12/24/transplantasi-wajah-di-amerika/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: